6 Destinasi Wisata Kuliner Halal dan Enak di Bali

0 258

Merebaknya wabah virus Corona sejak akhir Desember tahun lalu memang memberikan dampak yang tidak mengenakkan khususnya bagi sektor pariwisata. Namun, tak dipungkiri bahwa ada pula aktivitas yang tetap harus berjalan meski di tengah-tengah adanya wabah virus Corona ini. Misalnya, aktivitas yang terkait dengan pekerjaan serta pemerintahan.

Banyak dari aktivitas tersebut yang mengharuskan kita untuk pergi mengunjungi suatu wilayah. 

Kabar baiknya adalah sejak awal Bulan Maret ini, pemerintah memberikan insentif tiket pesawat dengan potongan harga hingga 50 % untuk 10 destinasi wilayah pariwisata.

Yogyakarta, Batam, Labuan Bajo, Denpasar, Lombok, Manado, Danau Toba, Malang, Tanjung Pandan, dan Tanjung Pinang termasuk dalam daftar destinasi tersebut.

Diantara kesepuluh destinasi tersebut, Denpasar yang merupakan ibukota Provinsi Bali ini sepertinya jadi yang paling populer. 

6 Destinasi Wisata Kuliner Halal dan Enak di Bali

Bali memang sering disebut-sebut sebagai destinasi wisata terindah di Indonesia. Tak heran jika banyak sekali wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke sana. Nah, bicara mengenai wisata tentu tak lepas dari kuliner, bukan?

Bali tak hanya dikenal karena keindahan alamnya saja, tapi juga banyak tempat wisata kuliner yang menarik untuk dikunjungi. Berikut kami ulas beberapa destinasi wisata kuliner halal dan enak di Bali.

1. Warung Mak Beng

Warung Mak Beng yang terletak di pesisir Pantai Sanur ini termasuk tempat wisata kuliner yang legendaris di Bali. Warung ini didirikan oleh Ni Ketut Tjuki pada tahun 1941. Wah, sudah lama sekali ya? Saat ini Warung Mak Beng dikelola oleh cucu Ni Ketut Tjuki.

Tak heran jika warung yang satu ini masih tetap laris manis hingga saat ini, karena mereka benar-benar menjaga kualitas rasa makanan yang dihidangkan. Resep masakan tetap dijaga sejak dulu hingga kini untuk memuaskan para pelanggan setianya.

Baca juga: Cantiknya Jembatan Ampera Saat Malam Hari

Kualitas Warung Mak Beng memang tak diragukan lagi, untuk ikan misalnya, mereka menggunakan ikan segar yang berasal dari perairan Bali. Ada 2 menu utama yang wajib Anda coba, yaitu ikan goreng dengan sambal terasi, dan menu sop kepala ikan.

Meski menunya terbilang sederhana, namun kelezatannya dapat membuat Anda ketagihan, lho. Banyak orang yang telah mereview Warung Mak Beng ini, termasuk para YouTuber lokal serta mancanegara. 

Alamat: Jalan Hang Tuah No.45, Sanur Kaja, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali

2. Bale Udang Mang Engking

Bale Udang Mang Engking sangat cocok bagi Anda yang ingin berwisata kuliner khas Bali bersama keluarga. Restoran yang berada di wilayah Kuta ini mengusung konsep tempat makan keluarga.

Nuansa pedesaan terasa sangat kental di Bale Udang Mang Engking, dengan adanya bale-bale yang terbuat dari bambu, serta kolam ikan di sekitarnya. Ah, menarik sekali ya! 

Menu yang ditawarkan pun beragam, Anda bisa pilih aneka menu olahan udang, daging sapi, ikan, sayuran, hingga nasi goreng.

Selain menu a la carte, Anda juga bisa memilih menu paket yang tentunya lebih ekonomis. Di Bale Udang Mang Engking juga terdapat toko oleh-oleh bagi Anda yang ingin membeli buah tangan seperti aneka makanan ringan, aksesoris, maupun tas. 

Alamat: Jl. Nakula No.88, Pemecutan Klod, Kec. Denpasar Bar, Kota Denpasar, Bali

3. Warung Wardani

Warung Wardani yang terletak di Denpasar ini juga termasuk salah satu destinasi wisata kuliner yang cukup legendaris, bahkan telah populer sejak tahun 80 an. Menu nasi campur jadi menu andalan di warung ini.

Di dalam sepiring nasi campur ini Anda dapat menikmati sate lilit, sate sapi, dendeng sapi, serta udang goreng. Tak hanya itu, ada beberapa menu lezat lainnya yang bisa Anda pilih sesuai selera. 

Setelah puas menyantap menu masakan khas Bali, Anda juga bisa memesan menu minuman khas Bali yang menyegarkan seperti es Daluman.

Selain menyajikan menu makanan dan minuman halal yang enak, harga makanan di Warung Wardani ini juga terbilang sangat ramah di kantong.

Anda bisa menikmati sepiring nasi campur lengkap dengan aneka lauk yang menggoyang lidah hanya dengan beberapa puluh ribu rupiah saja. 

Alamat: Jl. Yudistira No.2, Dangin Puri Kauh, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali

4. Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Destinasi wisata kuliner khas Bali yang satu ini sungguh kental dengan nuansa Bali. Ini terlihat dari desain interiornya yang terdiri dari balai-balai dan disekitarnya banyak dihiasi tanaman Kamboja. Ditambah dengan kolam ikan, membuat suasana makin segar dan indah.

Tempat yang satu ini tak hanya sanggup melepas kepenatan Anda tapi juga menghilangkan rasa lapar dengan menu khas Balinya. 

Menu utama yang disajikan di Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku ini adalah nasi ayam khas Bali. Ada dua jenis ayam yang bisa Anda pilih, yaitu ayam betutu atau ayam suwir. Sebagai pelengkapnya ada sate lilit, lawar sayur, jeroan ayam, telur pindang, serta taburan kacang tanah.

Bagi Anda penyuka makanan pedas, jangan khawatir karena ada tambahan sambal bawang goreng yang pedasnya cukup membuat lidah bergetar.  

Alamat: Jl. Tukad Badung No.11, Denpasar, Bali

5. Warung Makan Nikmat

Bagi Anda yang menggemari masakan khas Jawa dan ingin menikmatinya di Pulau Bali, Anda bisa singgah di Warung Makan Nikmat. Warung yang terletak di Kuta ini menyajikan hidangan layaknya warteg. Jadi Anda dapat bebas memilih menu serta lauk yang tersedia.

Menu makanannya pun sangat beragam, ada sekitar 20 an menu yang siap untuk Anda santap, diantaranya: rawon, sate ayam, soto, balado, sayur kangkung, sayur buncis, sayur sop, tumis jamur, serta nasi goreng.

Tak ketinggalan bagi Anda penggemar masakan pedas, warung ini pun menyediakan sambal sebagai pelengkap.

Warung Nikmat ini termasuk tempat makan yang ramai dikunjungi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Tak heran jika pada jam-jam tertentu, jam makan siang misalnya, warung ini akan penuh oleh pengunjung.

Selain menu makanan yang lengkap dan enak, harganya pun sangat terjangkau. Gimana nih, tertarik berkunjung ke sana? 

Alamat: Gg. Biduri No.6A, Kuta, Kabupaten Badung, Bali

6. Nasi Campur Bali Sukreni

Terakhir akan kita bahas satu tempat wisata kuliner halal yang tak kalah legendarisnya, Nasi Campur Bali Sukreni. Tempat makan yang terletak di Kuta ini terkenal karena enaknya dan dengan harga yang sangat terjangkau.

Tak sampai 50 ribu rupiah, Anda sudah dapat menikmati sepiring nasi campur khas Bali lengkap dengan berbagai lauk pauknya, seperti: ayam sisit, plecing kangkung, sayur gonde, sate lilit, telur sambal tomat, jukut urap, ikan bumbu pindang, daun ubi bumbu pedas, kulit ayam, dan lain-lain.

Untuk sambalnya, Anda bisa memilih antara sambal matah, sambal embe, maupun sambal bongkot. Kabarnya sensasi pedas dari sambal Nasi Campur Bali Sukreni ini bisa membuat Anda ketagihan, lho.

Makanya banyak pengunjung yang rela mengantri demi sepiring Nasi Campur Bali Sukreni ini. 

Alamat: Jl. Kediri, Kuta, Kabupaten Badung, Bali 

Hmm, jadi penasaran kan ingin coba makanan-makanan dari keenam destinasi wisata kuliner di atas? Selamat mencoba, ya 🙂

 

 

Comments
Loading...