Waduk Sidodadi, Destinasi Asri di Tengah Hamparan Tebu di Glenmore – Banyuwangi

Destinasi Asri di Tengah Hamparan Tebu di Glenmore-Banyuwangi

0 15

 

Diresmikan Januari 2016 oleh Menteri BUMN, Rini Sumarno, gaung waduk Sidodadi kini mulai terdengar dimana-mana. Waduk berkapasitas 50.000 meter kubik dengan keadalam 2,5 meter ini sejatinya digunakan untuk mengairi  lahan  tebu di sekitar Pabrik Gula Glenmore (PGG). Namun, besarnya animo masyarakat membuat waduk Sidodadi menjadi tujuan wisata baru di daerah ini. Tiket masuk yang murah serta akses jalan mudah, adalah salah satu pertimbangan para pelancong untuk datang selain keindahannya.

Rute ke Waduk Sidodadi

Untuk mencapai waduk Sidodadi ada dua rute yang bisa diikuti. Bila Anda dari arah Banyuwangi, arahkan mobil menuju Rogojampi. Setengah kilo dari dari Kantor Pos Rogojampi terdapat pertigaan, belok ke kanan menuju Lemahbang. Dari sini lanjutkan perjalanan menuju Parijatah, Pekulo, Pandan,  Genteng, hingga mencapai Glenmore. Sampai di pertigaan menuju waduk Sidodadi, belok kiri. Pertigaan ini terletak + 300 m dari kantor Telkom Glenmore, ditandai dengan tugu yang berada tengah jalan.

Apabila  Anda datang dari arah Jember setelah melewati patung gandrung di perbatasan Banyuwangi-Jember arahkan mobil Anda menuju Kalibaru. Dari Kalibaru lanjutkan hingga hingga Glenmore. Seratus meter dari Koramil Glenmore terdapat pertigaan, belok kanan, sekitar 2,5 meter Anda akan mendapati sebuah kolam

dengan tulisan Waduk Sidodadi di kiri jalan. Akan tetapi jika Anda masih kesulitan, cukup buka google map, ketikkan Waduk Sidodadi, dan Anda akan dibimbing hingga ke tujuan.

Wahana Permainan di Areal waduk Sidodadi

Tiket masuk ke tempat ini murah saja. Jika Anda menaiki kendaraan bermotor cukup siapkan uang lima ribu rupiah untuk parkir dan tiket masuknya. Setelah membayar tiket, hentikan dulu perjalanan Anda. Berjalan-jalanlah ke seputar kolam kecil yang terletak di seberang loket. Penataan yang apik menjadikan tempat ini jadi salah satu spot favorit pengunjung.

Kanal di tengah waduk Sidodadi

Setelah puas berswafoto atau wefie disini, barulah perjalanan dilanjutkan menuju destinasi utama yaitu waduk Sidodadi. Berbeda dari waduk pada umumnya, waduk berkapasitas 50.000 m3 itu memiliki bentuk tak biasa. Bentuknya melengkung dengan bagian tengah menyempit menyerupai kanal. Jika Anda berminat untuk menelusuri kanal-kanal ini, ada dua kendaraan air yang bisa digunakan. Pertama, bebek air dengan harga tiket sebesar Rp 5000,00 per orang. Kedua, perahu yang per orangnya dikenai tiket  Rp 3.000,00.

Mau berkeliling? Tiggal sewa perahu seharga Rp 3.000,- per orang

Untuk berperahu Anda bisa mendayung sendiri. Asyik memang berperahu di tengah waduk yang asri ini. Terlebih jika Anda  dan teman-teman Anda mencoba mendayung sendiri. Sensasi menggunakan dayung, mengarahkan perahu agar bisa berbelok akan, hingga menstabilkan jalannya perahu akan membuat Anda terkikik-kikik sendiri.

Namun jika tidak berani, lebih baik menggunakan jasa pendayung yang sudah ada saja. Dijamin, jalannya perahu lebih lancar. Dan Anda tinggal menikmati sepoi angin yang berhembus melewati perahu.

Spot selfi, taman di seputaran waduk yang selalu dibersihkan dan ditata rapi oleh bagian pertamanan.

Jika Anda bosan berdayung, Anda beristirahat sambil  duduk-duduk di bawah pohon atau saung yang disediakan oleh pihak perkebunan sambil menikmati bekal atau bisa juga berswafoto dengan berbagai latar belakang pemandangan asri di seputaran waduk sidodadi. Bila ingin  lebih menantang, Anda bisa beralih ke seberang waduk dimana aneka sarana bermain yang menantang adrenalin tersedia. Ada motor ATV, mini trail, dan motocross yang bisa Anda coba. Dengan kendaraan ini Anda bisa berkendara asyik mengelilingi sirkuit yang dibangun diantara rimbunnya kebun kopi.

Tak Perlu Jauh Mencari Tempat Makan, Wudhu, dan Sholat

Bila sudah masuk waktu sholat, Anda tidak perlu jauh-jauh mencari mushola. Lima puluh meter dari parkiran mobil, Anda akan menemukan sebuah mushola. Hendak berwudhu tak perlu susah juga. Tinggal berjalan ke kiri, ada toilet yang dibangun tepat di bagian belakang restoran waduk Sidodadi.

Bila lapar dan tidak membawa bekal, tidak perlu risau kesulitan mencari makan. Ada warung-warung kecil di seputaran waduk yang bisa dituju bila perut lapar.  Jika menghendaki suasana yang lebih nyaman, anda bisa berkunjung ke restoran waduk Sidodadi. Menunya beragam, dari mulai minuman, makanan berat sampai cemilan. Kisaran harganya antara Rp 5000,00 hingga Rp 20.000,00. Tidak terlampau mahal bukan?

 So, tunggu apalagi? Ayo mampir ke tempat wisata satu ini! Anda tidak hanya disuguhi asrinya aduk Sidodadi, tetapi juga bonus berupa pemandangan alam yang indah sepanjang rute pulang. Nun dikejauhan Anda bisa melihat gunung di bawah langit yang biru cerah. Juga pepohonan hijau di sepanjang jalan.

 

 

.

You might also like More from author

Comments

Loading...