Ingin Liburan Hemat dengan Budget Minimal? Simak Tips Berikut Ini

0 237

Bahas tema mengenai liburan sih memang tak ada habisnya dan selalu seru untuk disimak. Lagipula siapa coba yang tak butuh liburan ya, kan? Liburan ini penting banget lho untuk menyegarkan tubuh dan pikiranmu.

Setelah sehari-hari kamu disibukkan dengan segudang aktivitas yang itu lagi itu lagi, liburan bisa jadi “obat penat” dan anti stress. 

Apalagi dengan situasi sekarang ini, dimana kita sedang diuji dengan pandemik virus Corona. Setelah sekian lama kita #dirumahaja pastinya saat ujian ini berlalu (insya Allah pasti berlalu), kamu butuh refreshing dong, ya. Dunia ini luas guys, kamu selalu dapat menemukan banyak tempat yang menyenangkan untuk dituju 🙂 Wah, jadi semangat ingin liburan, nih! 

Ingin Liburan Hemat dengan Budget Minimal? Simak Tips Berikut Ini

Kata siapa liburan harus mengeluarkan biaya banyak? Gak harus gitu kok, guys. Buat kamu yang ingin liburan hemat dengan budget minimal ada tips-tipsnya, nih. Jadi tak perlu khawatir lagi liburan bakalan menguras dompet.

Yuk, langsung simak tips berikut ini:

1. Buat anggaran biaya liburan

anggaran biaya liburan

Ini jadi hal pertama yang harus kamu lakukan, membuat anggaran biaya yang akan digunakan saat liburan nanti. Sebaiknya biaya untuk liburan sudah disiapkan jauh-jauh hari, misalnya dengan menyisihkan dana khusus setiap bulannya untuk liburan.

Baca juga: 3 Hal Yang Membuat Saya Bisa Jalan-Jalan

Dengan begitu biaya liburan jadi tak terasa memberatkan, bukan? 

Tentukan anggaran biaya yang diperlukan, mulai dari biaya transportasi, penginapan, makan, dan lain-lain. Jangan lupa untuk melebihkan anggaran untuk pengeluaran darurat (jika ada).

Anggaran biaya liburan ini membuatmu lebih terarah dalam merencanakan perjalananmu nanti, karena kamu tau berapa biaya yang diperlukan. Kamu juga bisa terhindar dari pengeluaran-pengeluaran yang tak dibutuhkan atau di luar anggaran.

2. Pilihlah waktu liburan yang tepat 

Sebaiknya hindari liburan di saat high season (waktu musim liburan), karena pada saat tersebut biasanya harga tiket transportasi dan penginapan lebih mahal. Sebaliknya pilih liburan di waktu low season, yaitu saat sedang tidak musim liburan.

Saat low season harga tiket transportasi serta penginapan umumnya lebih murah. Tentunya kamu jadi lebih berhemat, kan? 

Selain itu, berlibur saat high season destinasi wisata akan dipenuhi oleh pengunjung. Sedangkan saat low season kamu tentunya akan merasa lebih nyaman menikmati liburanmu tanpa terganggu keramaian, karena pengunjung lebih sedikit.

Kamu juga jadi lebih leluasa berkeliling sambil berfoto ria. 

3. Pilih destinasi dalam negeri

destinasi dalam negeri

Ya, utamakan untuk memilih destinasi dalam negeri ya, guys. Tak perlu bingung, karena di tanah air tercinta kita ini banyak sekali destinasi liburan yang indah dan menyenangkan untuk dikunjungi.

Setiap daerah pasti memberikan pengalaman tersendiri. Jadi, tak ada alasan kamu bakal bosan berkeliling Indonesia. Kalau bukan kita yang bangga dengan tanah kelahiran kita lalu siapa lagi 🙂

Baca juga: Serunya Menelusuri Papandayan, Gunung yang Ramah Pendaki

Disamping itu, destinasi dalam negeri juga pastinya lebih murah dibanding luar negeri. Apalagi jika destinasi wisata tersebut tak terlalu jauh dari kota tempat tinggalmu, kamu bisa menjangkaunya dengan transportasi darat, seperti bus atau kereta. Pastinya jadi lebih hemat dibanding menggunakan pesawat. 

4. Pesan tiket dari jauh hari

Jika memungkinkan, sebaiknya kamu memesan tiket dari jauh hari sebelum keberangkatan. Karena semakin jauh jarak waktu pemesanan dengan tanggal keberangkatan akan semakin murah harga tiketnya. Nah, biaya liburanmu jadi lebih hemat, kan? 

5. Manfaatkan promo/diskon

Mana nih para pecinta promo atau diskon? Tak ada salahnya lho kalau kamu memanfaatkan promo untuk liburanmu. Biasanya info promo ini bisa kalian cek di sosial media, misalnya Instagram. Promo ini tak hanya untuk tiket transportasi atau penginapan saja, tapi juga untuk biaya makan.

Wah, asyik banget kan, apalagi buat kamu yang suka berwisata kuliner. Adanya promo seperti ini tentunya membuat pengeluaran jadi lebih hemat.

6. Siasati penggunaan transportasi

Siasati penggunaan transportasi

Supaya lebih hemat, sebaiknya kamu memilih menggunakan transportasi umum. Sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu transportasi apa yang lebih murah untuk digunakan menuju destinasi wisata yang dituju.

Transportasi darat seperti bus atau kereta bisa jadi pilihan lebih hemat dibanding menggunakan pesawat. Jika kamu pergi bersama teman-teman, ini bisa jadi keuntungan karena kamu bisa urunan untuk biaya sewa mobil saat mengunjungi berbagai obyek wisata. 

7. Cari penginapan murah dan nyaman

penginapan murah dan nyaman

Banyak kok penginapan murah yang tak akan menguras kantong. Kamu bisa mencari informasinya di internet. Tapi jangan hanya fokus pada murahnya saja ya, guys.

Pastikan juga tempat penginapan tersebut memiliki review atau testimoni yang positif, khususnya mengenai kenyamanannya. Bagaimanapun tempat penginapan adalah tempat kamu melepas lelah dan mendapat tidur yang nyenyak di malam hari. 

8. Cari rekomendasi tempat makan “low budget”

rekomendasi tempat makan murah

Liburan mengunjungi tempat-tempat yang indah tentu tak lengkap tanpa mencicipi aneka kuliner khas daerah tersebut, bukan? Maka dari itu sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu mengenai tempat-tempat kuliner yang murah di destinasi wisata tujuanmu.

Kamu bisa mencarinya di internet, seperti blog review maupun food review di YouTube. Jadi, saat berada di destinasi wisata tujuan, kamu gak akan bingung lagi mencari tempat makan yang sesuai dengan budgetmu. 

9. Bawa uang secukupnya

Kalau kamu ingin benar-benar berhemat, sebaiknya hindari membawa kartu kredit, bahkan kartu debit sekalipun. Lebih baik membawa uang tunai secukupnya, disesuaikan dengan anggaran liburan yang sudah kamu tetapkan sebelumnya.

Tapi hati-hati saat membawa uang tunai ya, guys. Supaya lebih aman, kamu bisa menaruh uang tunai di beberapa tempat, seperti dompet, saku baju, tas, dan lain-lain. Dengan membawa uang tunai secukupnya kamu akan terhindar dari belanja-belanja diluar anggaran. 

10. Belanja oleh-oleh dengan bijak

Jika memang budgetmu terbatas, tak perlu memaksakan untuk membeli banyak oleh-oleh. Cukup beli seperlunya untuk orang-orang terdekatmu saja. Pilih oleh-oleh yang sesuai dengan budget yang kamu miliki sehingga tak membebanimu. Oleh-oleh tak harus mahal kok, yang penting berkesan. 

Okay, itu dia tips-tips untuk liburan hemat dengan budget minimal yang bisa kamu terapkan. Dan yang terpenting dari liburan adalah nikmati setiap moment yang ada dengan dengan sepenuh hati. Selamat berlibur, guys 🙂

Comments
Loading...