Pesona Pantai Pink di Timur Lombok

0 230

Lombok menyimpan banyak hamparan pantai indah, baik di Lombok Barat (seperti di Senggigi), Lombok Tengah (Pantai Kuta, Gerupuk, Pantai Seger, dan banyak lagi pantai di wilayah ini), Lombok Utara (tiga Gili), maupun di Lombok Timur (Pantai Surga, Kaliantan, termasuk Pantai Pink).

Umumnya pantai di wilayah Lombok Barat pasirnya berwarna hitam, sedangkan di Lombok Tengah dan di Lombok Utara (terutama di tiga Gili) pasirnya berwarna putih. Begitu juga di Lombok Timur, banyak pantai yang pasirnya berwarna putih. Namun, ada yang unik di salah satu pantai yang berada di Lombok Timur, yaitu pasirnya berwarna pink. Karena warna tersebut, nama pantainya pun dinamakan “Pantai Pink”.

Pantai Pink berlokasi di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Dari Mataram perjalanan cukup jauh, dengan menggunakan kendaraan pribadi memakan waktu lebih dari dua jam. Menyusuri jalan yang di banyak tempat masih kurang bagus. Melewati hutan kemiri. Jalan dari hutan kemiri menuju Pantai Pink perlu perjuangan keras, karena batu dan jalannya licin apalagi jika hujan mengguyur. Mendekati pantai pink, pengunjung yang membawa mobil harus berusaha ekstra keras karena jalanan sangat curam.

Perjuangan yang keras untuk menempuh tempat ini akan terbayar ketika sudah sampai. Pasir berwarna pink terhampar luas di pinggir pantai sejauh mata memandang. Lokasinya juga sangat indah, karena tidak seramai di pantai-pantai lain. Boleh dikatakan, pantai Pink di Lombok Timur ini masih sangat “perawan”, karena tersembunyi dan jauh dari keramaian. Warna pasir akan terlihat lebih pink jika matahari bersinar terik, saya sendiri pada saat ke situ kebetulan sedang turun hujan, namun tetap warna pasirnya masih terlihat pinky.

Airnya sangat jernih. Dasar lautan masih terlihat jelas, dipenuhi oleh pasir dan beraneka pecahan karang berwarna pink.

Menurut keterangan Kepala Desa Sekaroh yang kebetulan saya ajak ke situ, warna pasir dipengaruhi oleh pecahan karang berwarna pink, yang banyak terdapat di dasar laut di wilayah itu. Merasa penasaran, saya pun mengambil segenggam pasir dan dilihat dengan dekat, ternyata betul, pasirnya yang memang berwarna pink, bukan dari pengaruh ganggang atau tumbuhan laut.

Di ujung pantai terlihat bukit memanjang membentuk teluk dengan karang berwarna kuning keemasan. Menambah suasana alam yang sangat mempesona. Di tengah lautnya terdapat dua pulau kecil.

Suasana pantai lebih terlihat sangat mempesona jika dilihat dari atas bukit. Di atas bukit ada satu gubuk kecil tempat pengunjung beristirahat sekadar untuk melihat pemandangan atau untuk makan bersama. Mata akan dituntun menuju pemandangan sekitar yang luar biasa elok.

Di pantai pink ini, selain dapat melihat pesona pantai, pengunjung juga dapat melihat situs bersejarah. Masih berada di sekitar pantai, terdapat gua persembunyian tentara Jepang. Hal ini karena pantai ini dulunya dijadikan tempat berlabuh oleh tentara Jepang di saat masuk ke wilayah Lombok. Ada juga lokasi meriam bersejarah, namun agak jauh tempatnya, di atas bukit pantai Pink.

Dengan berkunjung ke pantai pink Anda dapat menikmati indahnya pantai dan juga situs bersejarah. Luar biasa bukan? Silahkan datang ke tempat ini dan Anda akan berdecak kagum karena pesonanya yang luar biasa. Belum ada retribusi atau karcis masuk ke lokasi ini alias gratis.**[harjasaputra]

You might also like More from author

Comments

Loading...