Menyusuri Keindahan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

0 412

Jika mendengar nama Gunung Bromo apa sih yang terlintas di benakmu? Hawa dinginnya, kabutnya yang tebal, atau keindahannya? Pasti yang terakhir akan jadi memori sepanjang masa yang akan kamu peroleh setelah mengunjungi gunung yang satu ini.

Gunung Bromo memang terkenal memiliki panorama indah yang dapat memanjakan mata. Gunung yang merupakan mahakarya Allah ini termasuk salah satu tempat wisata Indonesia yang ramai dikunjungi wisatawan lokal serta mancanegara. 

Menyusuri Keindahan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Gunung Bromo ini terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru – Jawa Timur. Bagi kamu yang penasaran seperti apa keindahan Gunung Bromo, mari simak ulasannya berikut ini.

Kami akan mengulas cara menuju ke Gunung Bromo, bagaimana akomodasinya, tempat-tempat yang paling menarik, serta tips wisata ke Gunung Bromo.

Semua dibahas lengkap berdasarkan pengalaman langsung dari travel blogger www.catperku.com saat menyusuri Gunung Bromo.

Cara Menuju Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Untuk sampai di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru bisa melalui Malang atau Surabaya dengan menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Sedangkan untuk ke Malang atau Surabaya, kamu bisa menggunakan pesawat ataupun kereta api. 

Jika kamu memilih masuk ke taman nasional melalui Surabaya, kamu bisa menempuh jalur Desa Ngadisari – Probolinggo atau menempuh jalur Desa Tosari – Pasuruan.

Jalur masuk melalui Desa Ngadisari ini merupakan rute yang paling mudah, khususnya bagi kamu yang pergi menggunakan bus umum, itu sebabnya rute inilah yang paling banyak ditempuh para wisatawan.

Baca juga: Mengarungi Pesona Gili Trawangan Lombok

Lalu bagaimana jika kamu memilih masuk melalui Malang? Kamu bisa menempuh jalur Desa Ngadas menuju ranu pane, lalu berujung ke jalur masuk utama ke Gunung Bromo. Sebenarnya jalur Desa Ngadas ini terbilang sulit, namun sepadan dengan keseruannya.

Jalur Desa Ngadas merupakan jalur yang menantang dan mempunyai pemandangan yang memesona. Perlu diingat bahwa untuk mencapai Gunung Bromo dan lautan pasir, kamu tidak bisa menggunakan kendaraan pribadi, tapi harus menyewa kendaraan khusus (mobil 4×4).

Tenang saja, di sana banyak kok mobil yang bisa kamu sewa. 

Akomodasi di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Ada banyak penginapan dan hotel yang bisa kamu jadikan tempat bermalam di sekitarTaman Nasional Bromo Tengger Semeru ini. Tapi kalau mau camping dan bermalam di alam terbuka menggunakan tenda juga boleh, lho. Tapi jangan kaget jika hawa dinginnya pasti lebih terasa. 

Akomodasi di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
Credit: pixabay.com

Jika ingin penginapan yang memiliki pemandangan indah, kamu bisa coba pilih penginapan yang terletak di dekat kawah, letaknya di Cemoro Lawang. Kamu bisa melihat kawah dengan jelas dari tempatmu menginap. Menarik, bukan?

Mengenai harga tentunya bermacam-macam, ada yang ramah dikantong dan ada juga yang mahal. Yang paling murah ada di kisaran beberapa ratus ribu rupiah per malamnya. Kamu bisa pilih penginapan yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhanmu. 

Pasir Berbisik Bromo

Pasir Berbisik Bromo
Credit: royaltour.web.id

Pasir Berbisik Bromo ini merupakan salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi wisatawan di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tentu saja karena keindahannya yang membuat kita tak henti berdecak kagum.

Tapi tahukah kamu jika nama Pasir Berbisik ini diambil dari judul film “Pasir Berbisik” yang tayang pada Tahun 2001. Lokasi pengambilan gambar film tersebut memang di kawasan padang pasir Bromo ini, yang sekarang disebut Pasir Berbisik. 

Namun nama tersebut ternyata memang menggambarkan keadaan yang sebenarnya, lho. Saat angin bertiup kencang, butiran-butiran pasir halus yang berterbangan dan saling bertabrakan satu sama lain akhirnya menimbulkan irama seperti suara berbisik dari pasir-pasir tersebut.

Baca juga: Pesona Pantai Pink Di Timur Lombok

Tempat ini jadi favorit para biker untuk memacu sepeda motornya di jalur yang cukup menantang. Selain itu, para fotografer serta musisi pun banyak yang menjadikan kawasan Pasir Berbisik ini sebagai tempat untuk menghasilkan karya seni mereka, seperti membuat video klip maupun sebagai spot foto yang indah. 

Lembah Teletubbies Bromo

Lembah Teletubbies Bromo
Credit: alimustikasari.com

Selain Pasir Berbisik, destinasi favorit lainnya yang ada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah Lembah Teletubbies Bromo.

Tempat ini cocok sekali bagi kamu yang ingin bersantai menikmati keindahan alam. Di Lembah Teletubbies ini kamu akan puas melihat hamparan padang savana yang hijau diselingi bunga-bunga cantik berwarna kuning. Oh, indahnya. 

Sebenarnya, pada awalnya lembah ini bukan bernama Lembah Teletubbies lho, tetapi bernama Lembah Jemplang.

Tapi sejak adanya serial anak-anak berjudul Teletubbies yang mengambil lokasi syuting di wilayah dataran tinggi hijau mirip seperti ini, Lembah Jemplang jadi lebih populer disebut Lembah Teletubbies.

Lembah ini terletak di sebelah selatan kawah Bromo. 

Sama halnya dengan kawasan Pasir Berbisik, Lembah Teletubbies ini juga termasuk area yang sangat indah untuk dijadikan spot foto yang instagramable.

Sebaiknya kamu berkunjung ke lembah ini di pagi hingga sore hari, apalagi jika ingin mengabadikan tempat ini ke dalam sebuah foto. Sebab pada malam hari lembah ini hanya terlihat siluetnya saja. 

Berlama-lama di tempat ini dijamin bakal bikin kamu merasa tenang dan damai. Kebetulan di sekitar lembah ada sebuah warung yang bisa kamu kunjungi untuk sekadar memesan segelas minuman hangat. Karena udara di Bromo sangat dingin, guys.

Tips Menyusuri Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Tips Menyusuri Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
Credit: pixabay.com

Nah, terakhir jika kamu ingin berkunjung ke Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, ada beberapa tips nih agar perjalananmu nyaman dan menyenangkan. Apa saja? Mari kita simak..

1 Pakailah pakaian yang cukup tebal

Cuaca di Gunung Bromo bisa bikin kamu menggigil jika tanpa menggunakan outfit yang tepat, karena itu ini jadi tips pertama dan paling penting, guys.

Pakailah pakaian yang cukup tebal serta jaket. Gunakan juga pelengkap pakaian seperti topi, syal dan sarung tangan, khususnya jika kamu tidak terlalu kuat terhadap cuaca dingin. Jangan lupakan juga untuk memakai sepatu dan kaos kaki yang membuatmu nyaman berjalan jauh, ya.

2 Menawar terlebih dahulu

Kalau ingin membeli maupun menyewa sesuatu di area taman nasional, sebaiknya menawar terlebih dahulu jika memang menurutmu harga yang ditawarkan terlalu mahal.

3 Berangkat lebih awal

Melihat pesona matahari terbit tentunya merupakan keindahan yang sayang untuk dilewatkan jika kamu berada di kawasan Gunung Bromo.

Jika kamu ingin melihat matahari terbit sebaiknya berangkat sekitar pukul 03.00 dari penginapan, sebab matahari terbit sekitar pukul 05.00 hingga 06.00 pagi.

Bulan April sampai September (musim panas) jadi waktu yang paling tepat jika ingin menyaksikan matahari terbit.

4 Membawa bekal makanan

Bawalah bekal makanan yang cukup, khususnya saat kamu akan mendaki ke Gunung Bromo. Cuaca yang dingin umumnya akan memicu rasa lapar, jadi pastikan di tasmu tersedia cukup makanan sehat siap makan yang bisa jadi penghilang lapar sekaligus penambah energi.

5 Bawa perlengkapan dokumentasi

Jangan lupa untuk membawa handphone, kamera, maupun power bank-mu ya, guys. Karena kamu akan temukan banyak sekali spot indah untuk berswafoto. 

Setelah menyimak ulasan di atas kamu pasti jadi makin tertarik mengunjungi kawasan wisata Gunung Bromo, bukan? Selamat traveling 🙂

Sumber referensi utama: www.catperku.com

 

Comments
Loading...