Menikmati Wisata Bahari Pantai Cingkuak

0 90

Akhirnya sampai juga saya ke tempat ini setelah menempuh perjalanan kurang lebih 2 jam dari pusat kota Padang, Sumatera Barat. Pulau Cingkuak, pulau kecil yang menyimpan sejuta pesona keindahan alam: pasir putih kekuningan yang sangat lembut dengan airnya yang sangat jernih dan biru menghampar.

Pulau Cingkuak berada di kawasan Pantai Carocok, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan. Dari Pantai Carocok untuk ke pulau ini ditempuh dengan menaiki perahu. Harga tiket per orang hanya Rp.10 ribu.  Jaraknya kurang lebih 500 meter. Pengunjung ditawari juga untuk berkeliling mengelilingi Pulau Cingkuak dari Pantai Carocok dengan menambah biaya ekstra Rp.5000 per orang.

Sesampainya di Pulau Cingkuak, pengunjung sudah ditunggu oleh banyak fasilitas kegembiraan yang ditawarkan: jetski, banana boat, perahu donat, bahkan bisa menikmati keindahan alam bawah laut dengan snorkling. Tinggal pilih. Harganya pun jauh beda dengan di Pulau Bali, misalnya, apalagi jika dibandingkan dengan harga di Jakarta. Untuk jetski, dikenakan biaya Rp.100 ribu per 15 menit. Banana dan donat boat Rp.20 ribu per orang.

Saya tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. Di sana mencoba bagaimana histeria dan degup jantung dipompa di saat donat boat ditarik oleh jetski dengan kecepatan tinggi, diputar-putar, adrenalin pun meningkat. Mencoba juga bagaimana jetski dengan kecepatan tinggi: serasa copot jantung.

Jangan lewatkan untuk mencoba indahnya pemandangan alam bawah laut melaluisnorkling. Kita bisa melihat terumbu karang yang sangat indah dihiasi oleh ikan-ikan berwarna-warni meliuk-liuk di bawah laut.

Untuk keindahan alam dan berbagai fasilitas hiburan khas pantai, Pulau Cingkuak sangat recommended. Apalagi di pulau ini, terdapat juga situs bersejarah, yaitu Benteng Portugis lengkap dengan peninggalan prasasti makam Madame Van Kempen, sebagai salah satu jejak Portugis yang pernah ada di Pulau Cingkuak (untuk menelusuri Jejak Postugis di Pulau Cingkuak akan saya ulas khusus pada tulisan berikutnya).**[harjasaputra]

You might also like More from author

Comments

Loading...