Ingin Jalan-jalan Gratis, Yuk Coba Profesi Ini

0 15

Apa yang sekarang sedang disukai oleh penduduk milenia? Sebagian orang akan menjawab travelling. Travelling beberapa tahun ini sedang hits, sehingga kalau kita melihat hampir di semua media, laman travelling menjadi salah satu favorit. Termasuk web ini tentunya. Travelling itu sangat menyenangkan, selain menyegarkan jiwa, kita juga dapat mempelajari budaya setempat, menikmati kuliner khas, dan terutama adalah foto selfie. Tapi dibalik hal yang menyenangkan tadi, biaya untuk travelling tidaklah murah, apalagi jika lokasinya di luar kota, luar pulau hingga luar negeri. Sehingga bagi yang rajin menabung atau berkantong tebal saja, umumnya dapat menikmati travelling.

Tetapi, tahukah bahwa ada beberapa profesi yang dapat memberikan kesempatan travelling. Bukan hanya 1 kali, tapi bisa berkali-kali dan, gratis. Tidak percaya, saya buktinya. Semua tulisan travelling saya, itu dibiayai kantor, atau istilahnya “nurdin” singkatan dari nurut dinas. Ya, saya pergi bekerja ke luar daerah, dan bonusnya adalah travelling. Mau tau apa pekerjaan saya? Pegawai tour travel, salah. Hmm, artis, ih bukan. Apa dong? Profesi saya yang bisa membuat saya keliling Indonesia adalah peneliti sosial, tepatnya saya melakukan survey sosial.

Sebagai peneliti sosial, saya melakukan pekerjaan untuk mengunjungi berbagai daerah untuk meneliti kondisi sosial ekonomi dan budaya masyarakat setempat. Hasil survey yang dilakukan kemudian dijadikan dokumen untuk membuat perencanaan program di daerah yang dikunjungi.

Sejak suka menulis di blog, hasil kunjungan ke lapangan menjadi bahan tulisan di blog, terutama berkaitan dengan budaya, tempat wisata dan kuliner. Sambil bekerja, sambil jalan-jalan dan hasilnya menjadi belanja mata yang dapat menjadi bahan tulisan di blog. Terutama, dibayar untuk jalan-jalan. Tentunya harus tetap profesional, bekerja menjadi tujuan utama selanjutnya, ya jalan-jalan.

Kalau ingin mencoba profesi ini tentunya harus menjalani pendidikan dulu. Ada beberapa jurusan yang dapat dipilih, diantaranya adalah sosiologi, antropologi, termasuk pertanian. Saya sendiri mengambil pendidikan pertanian yang dilanjutkan dengan kebijakan publik. Sebelumnya tidak menyangka akan dapat pekerjaan yang menyenangkan. Sayangi pekerjaannmu dan soal rejeki, biarlah Tuhan yang mengatur.

#jalan-jalangratis #travelling #riset #survey #kelilingindonesia #profesi #penelitisosial

Comments

Loading...