Cantiknya Jembatan Ampera Saat Malam Hari

7 168

Salah satu ikon menarik di kota Palembang adalah Jembatan Ampera. Jembatan ini berdiri kokoh di atas sungai Musi. Berfungsi sebagai jalur lalu-lintas yang menghubungkan kawasan seberang ulu dan seberang ilir.

Jembatan Ampera mulai dibangun pada tahun 1962 pada masa pemerintahan Presiden Soekarno. Pendanaannya menggunakan dana pampasan perang Jepang. Setelah melalui masa pembangunan selama 3 tahun, akhirnya Jembatan Ampera selesai dibangun dan diresmikan pada tahun 1965 oleh Presiden Soekarno.

Sampai saat ini Jembatan Ampera masih berdiri dengan megah dan dipercantik dengan pemasangan lampu-lampu hias. Pada malam hari, lampu hiasnya bisa mengeluarkan cahaya warna-warni secara bergantian. Kadang memancarkan cahaya kemerahan, lalu berganti memancarkan cahaya kebiruan dan keunguan. Cantik dan indah sekali penampakan Jembatan Ampera pada malam hari.

 

Agar bisa memandangi penampakan gemerlap cahaya lampu Jembatan Ampera pada malam hari, kita bisa mengambil posisi di pelataran plaza Benteng Kuto Besak. Banyak orang berkumpul di tempat ini untuk wisata malam hari. Sekaligus menikmati panorama sungai Musi yang airnya ikut gemerlap lantaran terkena pendar sinar cahaya lampu Jembatan Ampera.

Di sekitar Jembatan Ampera banyak tempat asyik untuk berwisata murah meriah. Selain pelataran Benteng Kuto Besak, wisatawan bisa mengunjungi Museum Sultan Mahmud Badaruddin II. Di belakang museum terdapat Monumen Perjuangan Rakyat (MONPERA). Di seberang MONPERA terdapat Masjid Agung yang merupakan salah satu ikon kota Palembang. Masjid Agung Palembang termasuk masjid tertua. Wisatawan yang berkunjung sering singgah di masjid ini untuk menunaikan shalat.

Pada sisi kanan kaki Jembatan Ampera terdapat Pasar 16 Ilir. Pasar ini merupakan pasar terbesar di kota Palembang. Banyak pedagang dari luar daerah yang berbelanja dan membeli barang-barang kebutuhan di pasar ini, untuk dijual lagi di daerah masing-masing.

Nah, bila teman-teman berkunjung ke Palembang jangan lupa mampir di tempat-tempat yang saya sebutkan di atas. Jembatan Ampera wajib didatangi oleh para wisatawan. Kata orang, belum ke Palembang kalau belum melihat dan berswafoto di Jembatan Ampera. Apalagi saat ini Jembatan Ampera makin cantik setelah dilakukan pengecatan ulang dan dipasang jam algoritma pada dua sisinya.

Palembang memang tengah berbenah mempercantik tiap sudut kota untuk menyambut Asian Games 2018. Yups, harus dipercantik dong karena kota Palembang menjadi tuan rumah perhelatan Asian Games selain kota Jakarta. Penyelenggaraan Asian Games itu sendiri dimulai pada tanggal 18 Agustus-02 September 2018.

Nah, mumpung ada perhelatan Asian Games silakan mampir ke Palembang. Teman-teman bisa menikmati keindahan dan keramaian kota Palembang dengan berswafoto di atas Jembatan Ampera sebagai kenang-kenangan.

Comments
Loading...