Air Terjun Telunjuk Raung, Tempat Seru untuk Berakhir Pekan

Tempat Seru untuk Habiskan Waktu Akhir Pekanmu

0 31

Berada di ujung timur pulau Jawa, Banyuwangi memiliki topografi  yang beragam. Dari pantai, lembah hingga pegunungan. Kondisi ini tak ayal memberikan keuntungan tersendiri bagi wilayah yang dikenal sebagai Kabupaten seribu festival ini. Salah satunya adalah Air terjun Telunjuk Raung. Air terjun ini memang tidak setinggi air terjun lider. Akan tetapi, pemandangannya tidak kalah mengesankan.

Indahnya Jalur Menuju Air Terjun Telunjuk Raung

Tak seperti jalan menuju Lider yang tergolong berat, jalan menuju air terjun Telunjuk Raung tidak terlalu menyulitkan. Sebagian besar berupa aspal kecuali beberapa kilo jalan tanah setelah perumahan penduduk di Afdeling Mangaran.

langit biru dan harum cengkeh yang menguar menemani sepanjang jalan

Jangan takut bosan. Sepanjang jalan menuju air terjun Anda akan disuguhi pemandangan mengesankan. Diawali oleh lambaian pohon cengkeh yang di kanan kiri jalan.  Berada di lahan cengkeh seluas itu sendirian, dibawah naungan langit biru cerah rasanya menakjubkan.

Deretan gunung yang menakjubkan

Pemandangan seperti ini akan menemani sebelum akhirnya berganti dengan deretan sawah yang berdampingan dengan hamparan tebu. Setiba disini berhentilah sejenak. Nikmati dulu betapa agung dan indahnya gunung yang nampak di kejauhan.

Berputar ke kiri, pemandangan menakjubkan lain sudah menanti. Dibatasi oleh sungai, nampak pemandangan bukit yang menghijau segar. Membuat Anda jadi lupa untuk melanjutkan perjalanan.

Jika sudah puas berada disini, mari lanjutkan perjalanan kembali. Seperti sebelumnya Anda kembali melalui jalanan yang sunyi. Tetapi, jangan khawatir tersesat. Ada petunjuk arah yang sengaja diletakkan di tepi-tepi jalan untuk memudahkan Anda menuju air terjun.

Track Menuju Air Terjun Telunjuk Raung

Jalur menuju air terjun Telunjuk Raung difoto dari bawah

Track menuju air terjun ini tidak sulit. Meski harus turun naik tetapi, tidak semerepotkan track menuju air terjun Lider. Sebagai pemanasan Anda akan berjalan melalui jalur menurun yang berbatasan langsung dengan jurang, tepat di belakang gerbang kecil menuju air terjun. Jalannya tidak cukup lebar, tak ada pula pembatas atau pagar pengaman. Berhati-hatilah agar tidak tergelincir dan jatuh ke jurang.

Di ujung jalur, ada titian kecil yang bisa mengantar Anda ke seberang sungai. Di bawah titian mengalir sungai jernih yang menarik Anda untuk mengulurkan tangan. Sebagaimana air yang bersumber di pegunungan, air sungai ini juga dingin sekali. Anda bisa menjingkat kaget jika merasakannya pertama kali.

Anda harus melewati track sempit di samping kanan jeram kecil ini untuk sampai di air terjun Telunjuk Raung

Setelah melewati titian, Anda tinggal berjalan mengikuti tepian sungai hingga menemukan sebuah jeram. Di bawah jeram itu aliran sungai membentuk sebuah kolam lebar, yang digunakan oleh orang-orang untuk berenang. Di tepinya, beberapa orang nampak duduk di bawah pondok terbuka, sambil menikmati kue-kue dan bekal yang dibawa dari rumah.

Untuk menuju track berikutnya Anda harus melewati sebuah jalur yang terletak di tebing sungai. Jalur ini sempit dan sedikit licin, jadi harus berhati-hati betul saat menapakinya. Sampai di atas hamparan selada air di lahan bertingkat akan menyambut Anda. Menilik adanya bekas potongan di sebagian tanaman, jelas selada-selada ini dibudidayakan. Lalu diambil hasilnya dan dijual ke pasar pada saat-saat tertentu.

Akhirnya, Sampai Juga…

Sekitar dua puluh meter dari hamparan selada air, air terjun Telunjuk Raung sudah menanti. Alirannya yang deras, menerpa bebatuan di bawahnya, melewati celah tebing setinggi kurang lebih 20 meter. Pepohonan lebat memayungi di bagian-kiri kanan air terjun, menjadikan pemandangan terasa lebih menakjubkan.

Hati-hati jika berenang disini, meski tidak dalam arusnya cukup deras

Jika Anda berani, Anda bisa nekat mencemplungkan diri di sungai di bawahnya. Menikmati sensasi dingin aliran airnya sembari  menikmati tempias air terjun. Puas berenang, Anda bisa bergaya di depan air terjun. Pose dengan berbagai gaya seraya menahan hampasan air terjun yang mengenai punggung.

Dari atas rumah pohon ini Anda bisa menatap keindahan pemandangan di seputar areal wisata

Selesai menikmati keindahan air terjun, jangan tergegas pulang. Pergilah ke rumah pohon dan nikmati pemandangan yang nampak dari sana. Luar biasa! Hijaunya pohon sejauh mata memandang benar-benar menyegarkan mata. Jika masih ingin berswafoto, Anda bisa beranjak ke seberang parkiran. Anda bisa berpose di depan hamparan tebu yang bergoyang lembut ditiup angin siang atau  malah menjadikan gunung Raung di kejauhan sebagai latar.

See, mengasyikan bukan tempat ini? Jadi jika Anda ke Banyuwangi, jangan lupa memasuk tempat wisata ini ke dalam itinerary.

 

 

.

Comments

Loading...