9 Tips Penting Mendaki Gunung bagi Pemula agar Aman dan Nyaman

0 898

Apakah Anda tertarik untuk menjelajahi gunung-gunung di Indonesia? Aktivitas mendaki gunung ternyata menawarkan sensasi tersendiri, lho. Itu sebabnya tak heran jika banyak para pendaki yang ‘ketagihan’ untuk menelusuri satu persatu gunung di Indonesia.

Banyak keindahan serta pengalaman seru dari mendaki gunung yang tidak bisa kita temukan dalam aktivitas wisata lainnya. 

Selain itu, mendaki gunung juga memiliki manfaat untuk kesehatan fisik dan mental Anda. Ya, aktivitas satu ini dapat memperkuat jantung dan paru-paru, hingga mengurangi stress.

Mendaki gunung juga tidak perlu mengeluarkan biaya banyak. Jadi, buat Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan cara yang lebih seru, sehat, juga hemat, wajib coba nih aktivitas yang satu ini. 

9 Tips Penting Mendaki Gunung bagi Pemula agar Aman dan Nyaman

Tapi tunggu dulu, mendaki gunung ini tak bisa sembarangan ya, guys. Apalagi bagi Anda yang masih newbie dalam soal pendakian. Karena mendaki gunung gak sama dengan aktivitas berjalan kaki pada umumnya.

Tenang, kami akan share nih beberapa tips penting mendaki gunung bagi pemula agar aman dan nyaman. Yuk, baca sampai selesai, ya 🙂 

1. Pilih gunung dengan medan ringan

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu riset mengenai gunung mana yang akan Anda tuju. Sebagai permulaan sebaiknya pilih gunung yang lebih bersahabat alias memiliki medan yang ringan.

Baca juga: Serunya Menelusuri Papandayan, Gunung Yang Ramah Pendaki

Anda bisa mencoba mendaki gunung yang terdekat dari tempat Anda tinggal terlebih dahulu. Ada banyak review di dunia maya mengenai gunung-gunung dengan pemandangan bagus namun memiliki tingkat kesulitan rendah.

Nah, Anda bisa jadikan hal tersebut sebagai referensi. 

2. Persiapkan kekuatan fisik dan mental

tips mendaki gunung bagi pemula

Mendaki gunung membutuhkan fisik dan mental yang kuat. Maka dari itu sebaiknya persiapkan fisik dan mental Anda setidaknya sebulan sebelum berangkat. Jaga kesehatan agar pada saat mendaki Anda dalam keadaan yang bugar.

Cara menjaga kesehatan tak hanya mengonsumsi makanan sehat saja ya, tapi juga dengan olahraga. Lakukan olahraga rutin setiap hari, misalnya jogging atau senam agar tubuh kuat saat mendaki.

Selain fisik, kekuatan mental juga harus dipersiapkan. Latihlah fokus serta kesabaran Anda untuk menghadapi tantangan saat mendaki nanti. 

3. Perhatikan cuaca

tips mendaki gunung

Coba cek kondisi cuaca saat Anda akan mendaki, pastikan cuaca tidak sedang dalam kondisi tak bersahabat. Jika memang cuaca sedang tidak baik, Anda bisa mengganti jadwal keberangkatan di lain waktu.

Sebaiknya mendaki saat musim kemarau atau cuaca cerah. Jangan sampai Anda mendaki gunung saat cuaca buruk, ya. Di Indonesia umumnya musim kemarau terjadi antara Bulan Maret hingga Agustus. 

4. Bawa barang secukupnya

barang yang dibawa saat mendaki gunung

Berbeda dengan perjalanan wisata pada umumnya, saat mendaki gunung Anda tak perlu membawa barang terlalu banyak. Bawa barang yang memang penting untuk dibawa saja.

Hal ini agar tas yang Anda bawa tidak terlalu berat dan membebanimu selama perjalanan. Pilih barang-barang yang ringan dan praktis, misalnya untuk perlengkapan mandi, Anda bisa membawa yang botol (kemasannya) lebih kecil agar tidak memenuhi tas. 

5. Bawa perlengkapan penting 

Ada barang-barang yang memang penting untuk dibawa. Pastikan barang-barang berikut ini ada di dalam tas Anda:

  • Peta, kompas, GPS satelit
  • Handphone
  • Kacamata hitam, topi
  • Baju ganti, jaket waterproof
  • Senter, headlamp
  • Peralatan P3K
  • Pemantik api, korek, lilin
  • Makanan sehat
  • Minuman
  • Tenda, sleeping bag
  • Kantong untuk sampah

6. Gunakan outfit yang tepat

Jangan sampai salah memilih outfit ya, guys. Pakai baju yang nyaman, namun sebaiknya hindari bahan katun. Bahan katun umumnya mudah menyerap air dan sulit kering. Hal ini tentu akan membuatmu tak nyaman jika mengenakan pakaian yang lembab.

Suhu pengunungan lebih dingin, jadi sebaiknya pilih pakaian yang lebih hangat. Selain baju, pemilihan sepatu juga harus tepat.

Pilih sepatu gunung yang nyaman dipakai untuk berjalan jauh. Sebagai pelengkap, Anda juga bisa mengenakan jaket waterproof, topi, serta kacamata hitam untuk melindungi diri dari hujan atau panas matahari. 

7. Pergi bersama orang yang berpengalaman

Nah, ini jadi hal yang sangat penting untuk dilakukan bagi pendaki pemula. Pergilah bersama orang yang telah berpengalaman dalam mendaki gunung.

Hal ini tentu akan memperlancar perjalananmu karena mereka telah mengetahui seluk beluk dalam hal mendaki gunung, seperti membuat api, mendirikan tenda, dan lain-lain.

Bacaa juga: Menikmati Wisata Bahari Pantai Cingkuak

Akan lebih baik jika Anda juga mengajak orang terdekatmu agar Anda lebih merasa nyaman selama perjalanan. 

8. Jaga keindahan gunung

menjaga keindahan gunung

Saat Anda mendaki gunung, ibaratnya Anda adalah tamu. Seperti layaknya seorang tamu, Anda wajib menghargai tempat yang Anda datangi. Oleh sebab itu jaga keindahan lingkungan di sekitar gunung, jangan merusaknya dan mengotorinya dengan sampah.

Selama dalam perjalanan kumpulkan sampah dalam kantong khusus, dan buang saat Anda telah menemukan tempat pembuangan sampah. 

Selain menjaga lingkungan sekitar gunung, Anda juga perlu menjaga sikap dan sopan santun selama perjalanan. Misalnya, bersikap baik terhadap sesama pendaki maupun penduduk setempat. 

9. Berdoa

Oke, kita sampai di poin yang terakhir, tapi ini paling penting. Jangan lupa iringi setiap langkahmu dengan doa. Gunung merupakan salah satu keindahan yang Allah ciptakan untuk kita nikmati.

Maka dari itu jangan lupakan Allah saat Anda sedang menikmati pendakian tersebut. Dengan selalu ingat pada Allah merupakan pelindung paling kuat agar kita terhindar dari segala bahaya. 

Dengan mengikuti semua tips di atas mudah-mudahan perjalanan Anda mendaki gunung jadi lebih aman dan nyaman. Selamat mendaki, guys! Anda punya tips lainnya? Yuk, share di kolom komentar di bawah ini 🙂

 

 

Comments
Loading...